Senin, 02 Januari 2017

Happy New Year

Selamat Tahun Baruuuu...

ga terasa banget ini udah masuk tahun 2017. itu artinya, hari-hari semakin cepat berlalu, terus kita juga udah mulai dikejar deadline, rencana atau target yang belum tercapai di tahun 2016 lalu. Belum lagi ada hal-hal yang sudah berlalu tapi masih membekas di hati, meskipun kejadiannya udah lewat lama (baper hahaha)..

Mungkin ada banyak hal yang kita inget selama tahun 2016 lalu. entah baru punya pacar, punya teman baru, lulus sekolah terus masuk kuliah pertama kali, atau jadi karyawan/karyawati baru, mungkin juga baru nikah tahun kemaren, dan bahkan kelahiran anak di tahun 2016 itu. dan semuanya menjadi satu memori yang buat perasaan kita campur aduk, dari seneng, sedih, kecewa, pengen ngulang kejadian itu lagi, pengen balik ke waktu itu, atau malah pengen cepet-cepet ke tahun 2017 karena ada yang ditunggu..

Tahun baru berarti rencana baru, pencapaian baru, pemikiran baru, mungkin juga gaya baru, dan umur baru dong pastinya.. sebelum memasuki tahun 2017 (karena masih awal Januari, jadi boleh laaahhhh), boleh dong kita buat resolusi baru untuk tahun 2017.

Kali ini aku mau kasih tips gimana sih caranya buat resolusi baru utuk tahun 2017 supaya resolusi yang kita buat itu bisa tercapai.. Yuk, langsung aja ya.. Check it out!

 1. Introseksi diri. Bagian ini jadi yang paling penting buat kita untuk merenungkan yang udah terjadi di tahun  lalu. Introspeksi penting supaya kita ngerti apa kesalahan dan kejatuhan kita di tahun 2016 dan mengubahnya menjadi siasat kita untuk menggapai impian dengan harapan dan semangat baru.

2. Berdoa. setelah merenungkan yang udah terjadi, adalah sangat baik untuk berdoa. Disini yang dimaksud dengan berdoa lebih kepada mengampuni dan melepaskan segala kesalahan dan kejatuhan kita supaya kita bisa rela untuk melepas kesalahan di masa lalu dan bersedia untuk menjadi pemenang di tahun 2017. kalo kita ga mengampuni masa lalu, kita ga akan pernah memperoleh harapan baru. yang ada kita cuma pengen mengulang kejadian dulu dan berusaha untuk mengulangnya. padahal what's done is done! relakanlah apa yang sudah terjadi untuk rencana yang lebih Indah.

3. Buatlah list dan tulis apa aja rencana dan resolusi kita di tahun 2017. list ini akan menjadi acuan bagi kita masing-masing untuk fokus sama apa yang akan kita capai. oleh karena itu, jangan sampe resolusi yang kita buat cuma ditulis dan disimpan dalem laci. ga akan tercapai. tapi simpanlah list ini baik, bila perlu simpan di tempat yang mudah dipandang. misalnya, meja belajar, dinding kamar, buku catatan, diary, tulis note di laptop juga boleh....

4. Dalam membuat list resolusi tahun 2017, buatlah se-real mungkin. gunakan logika dan hati kita saat membuat list resolusi. jangan sampe apa yang kita buat ternyata diluar kemampuan kita. sampe kapanpun resolusi yang kita buat sulit untuk dicapai.

5. Buatlah resolusi dengan target pencapaian setiap bulan. Gunanya supaya kita bisa tau setiap bulan apakah pencapaian kita sudah terealisasi atau belum, dan kita juga bisa tau, berapa persen realisasi target pencapaian kita di bulan tersebut. nah, kalo belum maksimal, kita bisa pastiin apakah target kita terlalu tinggi atau diluar kemampuan kita. kalo sudah diluar kemampuan, secepatnya perbaiki resolusi biar ga buat kita pusing karena target ketinggian itu.

6. Setelah selesai membuat resolusi, ambil waktu untuk berdoa agar setiap resolusi yang kita buat menjadi harapan dan rencana yang bisa kita capai. jangan terlalu ambisius, karena di dunia ini ga ada yang sempurna. jangan lupa serahkan semua rencana, harapan, semangat kita kepada Yang Maha Kuasa, karena dengan kuat kuasaNya kita bisa mencapai apa yang kita harapkan. kalo ada harapan yang belum tercapai, jangan bersedih dan kecewa. mungkin rencana itu bukan menjadi rencana terbaik buat kita.

nah, itulah tips yang bisa kita jadikan acuan untuk membuat resolusi tahun 2017. Selamat Mencoba!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

yang mau komentar monggo.. dengan senang hati :)